Cara Mudah Uji Statistik Deskriptif Dengan Aplikasi SPSS

Uji Statistik Deskriptif

SPSS adalah program yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan analisis-analisis data statistik, kemudian dengan bantuan SPSS salah satunya kita bisa melakukan uji statistik deskriptif. Dalam sebuah penilitian seorang peneliti dituntut mampu menjelaskan data penelitiannya, maka dari itu deskripsi data dianggap sangatlah penting. 

Ghozali (2005) menjelaskan bahwa bahwa Statistik deskriptif merupakan suatu metode  atau cara dalam melakukan analisis data, sehingga diperoleh gambaran yang teratur mengenai suatu kegiatan. Ukuran yang digunakan dalam deskriptif antara lain: frekuensi, tendensi sentral (mean, median dan modus), dispersi (standar deviasi dan varian) dan koefisien korelasi antara variabel penelitian. Ukuran yang digunakan dalam statistik deskriptif tergantung pada tipe skala pengukuran construct yang digunakan dalam penelitian. 

Tujuan melakukan uji statistik deskriptif adalah untuk mengetahui penjelasan-penjelasan mengenai variabel-variabel yang akan kita teliti, misalnya nilai rata-rata (mean), jumlah keseluruhan (SUM), nilai terkecil dan ilai maksimum.  Untuk melakukan uji statistik deskriptif kita bisa menggunakan aplikasi pendukung diantaranya adalah aplikasi SPSS, dengan aplikasi ini bahkan untuk seorang pemula pun bisa dengan mudah melakukan uji statistik deskriptif. 

Berikut adalah cara melakukan uji statistik deskriptif dengan mengunakan SPSS:

1. Pastikan bahwa anda sudah memiliki aplikasi SPSS dan data yang akan anda uji, sebagai contoh saya akan menggunakan data yang hanya memakai dua variabel.

2. Langkah selajutnya buka program SPSS pada komputer anda, setelah halaman kosong sudah terbuka kemudian klik Variable View (biasanya di bagian kiri bawah), fungsinya adalah  untuk menuliskan nama variabel yang akan diujikan.

3. Kemudian tuliskan nama variabel seperti gambar di bawah ini, jika anda menggunakan lebih dari satu anda bisa menuliskanya sesuai dengan nomor urut. Sebaiknya untuk posisi variabel terikat (dependen) sebaiknya diletakan pada nomor 1. Lalu ubah Decimals menjadi 0, desimal akan menunjukan angka dibelakang tanda koma (,) jika desimal diisi dengan angka 2 maka akan menunjukan dua angka dibelakang koma.
cara Uji Statistik Deskriptif

4. Seteah selesai masuk ke halaman pengolahan data dengan mengklik Data View (di pojok bawah), lalu selanjutnya isi data sesuai dengan data yang akan anda uji. 
data Uji Statistik Deskriptif

5. Selanjutnya setelah semuanya sudah selesai anda bisa melakukan Uji Statistik Deskriptif dengan cara Klik Menu Analyze=> Descriptive Statistic=> Descriptives. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah.
cara Uji Statistik Deskriptif

6. Setelah anda mengklik menu Descriptives maka akan muncul jendela SPSS baru dengan perintah memasukan variabel-variabel yang akan diuji. 
  • Klik satu-persatu variabel kemudian klik tandah panah (pindah)
  • Lakukan hingga variabel yang akan anda uji berpindah ke kanan.
    cara Uji Statistik Deskriptif

7. Selanjutnya adalah mengisi menu deskripsi statistik yang ingin anda uji dengan cara Klik menu Options kemudian isi sesuai seperti yang anda inginkan kenudian klik Continue. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
cara Uji Statistik Deskriptif

8. Klik OK untuk melihat hasil uji SPSS mengenai variabel produksi dan tenaga kerja.
Hasil Uji Statistik Deskriptif

Keterangan Hasil:
N = Jumlah sampel (responden)
Range = Selisih nilai terkecil dan nilai terbesar
Minimum = Nilai terkecil
Maximum = Nilai tertinggi
SUM = Jumlah keseluruhan nilai
Mean = Nilai rata-rata
Kurtosis dan Skewness = untuk menilai hasil apakah normal atau tidak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »