Lari dari Masalah Bukan Solusi !

Lari dari Masalah Bukan Solusi

Setiap manusia pasti memiliki masalah, tinggal tergantung seberapa berat masalah yang menimpa dirinya. 

Pernakah kamu berfikir jika masalah dalam kehidupanmu terasa sangat berat hingga kamu malas untuk mencari solusi?

Terkadang masalah yang datang bertubi-tubi membuat hidup kita semakin tidak nyaman, susah tidur, menjadi malas dan kemudian perdampak kepada keputusan yang akan kita ambil, bahkan bisa menjadi keputusan yang salah.

Terlalu baper membuat diri semakin terbebani dan semua urusan menjadi serbah salah.

Lalu apa yang bisa diperbuat? Langkah apa yang harus diambil?

Sebenarnya masalah itu tidak harus selalu difikirkan tapi sebaiknya mencari jalan keluar. Ingat bahwa perbuatan lah yang akan menyelesaikan masalah dan masalah tidak akan selesai dengan sendirinya.
Cobalah untuk bergerak, biasanya ketika kita mendapat banyak masalah akan berdampak kepada syaraf aktif pada tubuh kita, menjadi malas, menjadi sangat frustasi dan merasa diri ini hanyalah sampah. 

Tidak memikikan masalah bukan berarti tidak mencari jalan keluar untuk masalah itu. Bertemu dan meminta solusi pada orang lain adalah sebuah pilihan yang bijak, misal kerumah sahabat, saudara dan orang yang lebih berpengalaman yang kemungkinan bisa membantu kita keluar dari masalah.

Kemudian bersabar dan yakin bahwa “semua masalah pasti memiliki jalan keluar”, menerima masalah dengan ikhlas bisa membuat diri kita menjadi lebih dewasa dan kita tidak harus lari dari masalah.

Jangan sesekali melampiaskan masalahmu kepada orang lain. Seorang yang sedang dirundung banyak masalah biasanya akan bersikap emosionil dan tempramentil kepada orang lain. Jika kamu termasuk orang yang demikian sebaiknya harus lebih bersikap dingin.

Bagaimana cara keluar dari masalah tanpa harus kita lari dari masalah itu?


Fokuslah Kepada Inti Masalah

Jangan sesekali menyalahkan masalah dan menjadikan maslah sebagai alasan. Selesaikan yang harus kita selesaikan terlebih dahulu, yang harus kamu ingat bahwa “masalah hari ini tidak harus selesai hari ini juga”, cobalah untuk lebih fokus kepada inti permasalhan dan bersabar.
Bertanya kepada diri sendiri mengenai apa yang terbaik. Itulah kenapa manusia diberikan akal dan pikiran supaya mereka bisa tahu mana yang baik dan mana yang tidak. 

Jangan Memandang Masalah Sebagai Sesuatu yang Harus Ditinggalkan

Ingatlah bahwa masalah adalah sebuah warna dalam kehidupan, jadi hidup akan monoton jika kita tidak memiliki masalah dan tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Yakinlah bahwa masalah adalah sebuah wujud rasa cinta tuhan kepada hambanya “tuhan tidak akan memberikan masalah di luar dari kesanggupan hamba-hambanya”.

Cobalah Untuk Terbuka Kepada Orang Lain

Dengan membuka diri maka kita akan dengan mudah menyelasikan permasalahan dalam hidup ini. Contoh kecilnya kita bisa terbuka kengan keluarga kita di rumah, bercerita, meminta pendapat dan mungkin mereka bisa membantu menemukan akar permasalahan yang harus dipecahkan. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka diri, bisa dengan sahabat, pacar dan masyarakat. Namun sebaiknya kamu harus tahu mana masalah pribadi dan mana masalah tidak pribadi.


Temukan Kesimpulan Dari Masalah

Kesimpulan sangat berkaitan dengan bagaimana cara kita menyelesaikan masalah itu, cobalah untuk tidak membuat masalah menjadi rumit. Sebaiknya bersikap dingin terhadap masalah dan setelah masalah itu sudah ditemukan akarnya pasti akan lebih mudah untuk diselesaikan. Faktanya orang yang lebih sering mendapat tekanan dari masalahnya malah justru membuat mereka menjadi semakin kuat.  

Ubah Cara Pandang Terhadap Masalah

Ubah cara pandang kita terhadap semua masalah yang menimpa hidup sebagai bagian yang memang harus kita miliki. Anggap masalah itu sebagai teman kita dan tanpa mereka hidup kita tidak akan berarti. Dengan begitu akan lebih membuat diri kita menjadi pribadi yang tenang, kemudian akan berdampak baik pula terhadap keputusan yang akan kita ambil. 

Masalah akan selalu ada dan akan selalu menimpa manusia. Masalah bukanlah virus yang mematikan dan tidak lantas membuat kita lari dari masalah itu. Anggap masalah sebagai sahabat yang akan menuntunmu menjadi manusia yang lebih baik.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Terimakasih atas kunjungan dan sudah berkenan membaca tulisan saya, semoga tulisan di blog ini bisa memerikan anyak manfaat

0 Response to "Lari dari Masalah Bukan Solusi !"

Posting Komentar