4 Strategi SEO On Page yang Bagus untuk Blog Baru

Strategi SEO On Page

Ganasnya persaingan pada mesin pencari semakin hari semakin menggila, bahkan sangat sulit bagi blog yang masih baru untuk berada di halaman pertama.

Kalah strategi SEO (Search Engine Optimation) merupakan salah satu penyebab blog baru tertidas oleh blog-blog ternama.

Maka dari itu sebagai pemula haruslah memilki cara yang paling ampuh untuk lebih menjadi kompeten, sehingga keberadaan blog kita pada mesin pencari (page one) akan selau eksis.


Mengenal SEO Onpage

SEO adalah kependekan dari (search engine optimation) yang maksudnya adalah pengoptimalan pada mesin pencari. Optimasi SEO adalah salah satu cara yang bisa digunakan oleh para blogger supaya lebih bersahabat dengan mesin pencari, maka tidak heran jika sebuah blog yang menerapkan strategi SEO dengan baik mampu bersaing pada halaman pertama google dan memenangkan persaingan kata kunci tertentu.

Pada dasarnya SEO terbagi menjadi dua bagian, yaitu on pege dan off page.

SEO on Page “adalah pengoptimalan mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog/website itu sendiri”.

SEO off Page “adalah pengoptimalan mesin pencari yang dilakukan dan menggunakan bantuan sumber daya dari luar blog”.

Catatan: “untuk blogger pemula atau blog yang masih baru saya sarankan untuk lebih mementingkan SEO On Page, karena hal ini adalah strategi dasar dari optimasi blog”

1. Membuat Blog dengan Satu Niche

Niche adalah istilah yang sering dipakai untuk blog yang memiliki topik tertentu. Jadi intinya lebih baik membuat blog dengan satu topik saja, karena dengan begitu blog akan mudah dipahami oleh pembaca dan mesin pencari.

Contoh:
“kamu adalah pengguna mesin pencari dan sedang mencari tulisan yang membahas tentang Tutorial Memasak ikan Mas”.

Lalu hasil pencarian Google menampilkan beberapa hasil, seperti pada gambar di bawah
strategi SEO

Ingat bahwa pengguna internet secara tidak langsung juga menilai Nama Situs yang akan dikunjungi.Kebiasaan mereka akan memilih dan mengklik situs yang lebih menguamakan Niche (topik) bahasanya. Apakah kamu akan mengklik tulisan nomor 2? Jika dilihat dari Nama Situs artikel nomor 2 terlihat memiliki nilai lebih.

Alasannya:
Karena situs dengan topik yang khusus akan terkesan lebih meyakinkan dan terpercaya.
Mereka juga akan berfikir akan mendapatkan lebih dari apa yang mereka cari.

Jadi sebelum membuat blog sebaiknya “pikirkan nama blog yang lebih memiliki nama dan mengandung kata kunci”.


2. Membuat Alamat/URL yang Pantas

Alamat/ url yang jelas yaitu mudah diingat dan mengandung kata kunci dan sesuai dengan topik yang dibahas pada blog yang akan kamu buat.

Contoh: 
Kamu ingin membuat blog dengan judul “Tutorial Blogging”, maka sebaiknya url yang kamu pilih tidak melenceng jauh dari judul blog yang kamu buat.

Kemudian buatlah url yang unik dan memiliki makna yang mewakili keseleruhan konten yang ada di dalam blog. Sangat menguntungkan jika blog yang kamu buat menjadi populer nantinya, pasti jika namanya bagus dan mudah diingat akan lebih banyak mendapatkan pembaca setia.

3. Optimasi Pada Template

Template merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk optimasi SEO blog dan template diibaratkan sebagai pondasi utama yang mendasari konten pada blog. Jadi semakin bagus templat maka akan memberikan nilai tambah terhadap konten yang dibuat.

Jadi sebaiknya kamu menggunakan template yang User Friendly dan Google Friendly, dengan begitu bukan tidak mungkin blog yang baru dibuat bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Setelah itu responsivitas template juga harus diperhatikan, maksudknya selain User Friendly dan Google Friendly template blog harus responsive agar pengunjung bisa membukanya dengan prangkat handpone ataupun dekstop dan tetap nyaman dengan tampilan blog yang responsive, dan juga loading template haruslah cepat (fast).

Kamu bisa menggunakan template gratis dengan mendownloanya pada situs-situs yang bisa kamu temukan pada mesin pencari. Jika kamu menggunakan template gratis sebaiknya jangan merubah struktur template apalagi menghapus credits link, karena bisa saja tindakan tersebut melanggar hak cipa.

4. Optimasi Pada Posting


Posting atau konten adalah bagian yang paling mendasar dari sebuah blog. Banyak blogger yang tidak begitu paham akan SEO tapi tetap mampu bersaing, alasanya karena mereka unggul dari segi kualitas konten.

Lalu bagaimana cara melakukan optimasi pada postingan?

1. Judul Posting

  • Buatlah judul postingan kurang dari 55 huruf, alasanya karena Google hanya akan menampilkan judul postingan maksimal 60 karakter pada hasil pencarian.
  • Buatlah judul yang menarik, mudah dipahami dan tidak membingungkan pembaca .
  • Sebaiknya lakukan riset keywords sebelum membuat judul agar postingan mampu bersaing pada mesin pencari. 

2. Heading Tag

  • Kemudian yang dimaksut heading tag adalah terget judul, yaitu H1, h2, h3, h4. 
  • Jadi heading tag berguna untuk menentukan sub judul hingga turunan dari sub judul sebuah posting. 
  • Dengan bantuan heading tag maka tulisan blog akan terlihat seperti tulisan pada buku yang memiliki judul dan sub-sub judul.

3. Alt Gambar

  • Merubah nama gambar sesuai dengan kata kunci yang kamu bidik. 
  • kemudian berikan alt judul dan alt teks pada gambar. 
  • Caranya klik gambar pada postingan lalu pilih properties dan kemudian masukan alt judul dan alt teks sesuai dengan kata kunci supaya muncul dipencarian gambar pada Google.

4. Kategori/Label

  • Usalahakan setiap membuat posingan diberikan kategori. 
  • Tujuannya adalah supaya postingan lebih tersusun rapi dan mudah dicari oleh pengunjung. 
  • Selain itu dengan menambahkan kategori akan menurunkan tingkat bouncing pada blog.

5. Meta Deskripsi

  • Berikan penjelasan singkat mengenai postingan yang kamu buat pada kotak deskripsi dengan memasukan kata kunci yang kamu targetkan.

6. Internal dan Eksternal Link

  • Tambahkan juga internal link yang mengarah pada postingan lain yang saling berkaitan. 
  • Kemudian tambahkan juga eksternal link (link website lain) pada postingan yang kamu buat. 
  • Untuk eksternal link kamu bisa menambahkan situs-situs terpercaya misalnya seperti Wikipedia dan situs-situs yang tidak melanggar kebijakan google. 


Setidaknya keempat strategi SEO di atas merupakan bagian yang paling wajib untuk dikuasai oleh seorang blogger pemula. Dengan melakukan SEO seperti di atas sama halnya dengan kamu memenuhi kriteria blog yang disukai oleh mesin pencari.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »